LPPM dan Program Studi D3 Manajemen Informatika Politeknik Harapan Bangsa Surakarta didukung 12 Asosiasi Profesi Menyelenggarakan Seminar Nasional Data Science

By Admin Web Polhas 24 Mar 2023, 10:25:10 WIB Seminar
LPPM dan Program Studi D3 Manajemen Informatika Politeknik Harapan Bangsa Surakarta didukung 12 Asosiasi Profesi Menyelenggarakan Seminar Nasional Data Science

Gambar : Seminar Nasional Data Science


Surakarta (18/03)– LPPM Politeknik Harapan Bangsa Surakarta bekerja sama dengan Program Studi D3 Manajemen Informatika menyelenggarakan Seminar Nasional Data Science “Fungsi Prediktif Penentu Kebijakan Sosial, Bisnis, dan Ekonomi di Masyarakat” pada tanggal 18 Maret 2023. Kegiatan seminar nasional ini didukung oleh 12 Asosiasi Profesi di bawah Konsorsium Yayasan Drestanta Pelita Indonesia. Sekaligus pada kegiatan seminar nasional ini di-launching 12 Asosiasi Profesi: 1) Asosiasi Ilmu Pengetahuan Sosial dan Humaniora Indonesia (AIPSHI), 2) Asosiasi Riset Ilmu Kesehatan Indonesia (ARIKESI), 3)  Asosiasi Riset Ilmu Teknik Indonesia (ARITEKIN), 4) Asosiasi Riset Ekonomi dan Akuntansi Indonesia (AREAI), 5)  Asosiasi Riset Ilmu Manajemen dan Bisnis Indonesia  (ARIMBI), 6) Asosiasi Riset Ilmu Pendidikan Indonesia (ARIPI), 7) Asosiasi Teknik Elektro dan Informatika Indonesia (ATEII), 8) Asosiasi Seni, Desain dan Komunikasi Indonesia (ASDEKI),  9) Assosiasi Profesi Telekomunikasi dan Informatika Indonesia (APTII), 10) Asosiasi Pendidikan Agama dan Filsafat Indonesia (APAFI), 11) ARMIPAINDO (Asosiasi Riset Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Indonesia), dan 12) ASPIRASI (Asosiasi Periset Bahasa Sastra Indonesia).

Seminar Nasional Data Science ini menghadirkan 3 orang narasumber, Dr. Deddy Bernabas Lasfeto, ST., MT. dari Politeknik Negeri Kupang, Dinar Ajeng Kristiyanti, M. Kom. Dari Universitas Multimedia Nusantara Jakarta, dan Endyk Noviyantono, M. Kom dari STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati Kalimantan Utara. Ketiga narasumber adalah ahli di bidang data science dan memiliki berbagai riset terkait dengan data science. Sebagai pembicara pertama adalah Bapak Endyk Noviyantono, M. Kom. beliau memaparkan materi tentang Pengelolaan data yang massive, kemudian diikuti dengan pembicara oleh narasumber kedua yaitu Ibu Dinar Ajeng Kristiyanti, M. Kom yang memaparkan materi terkait dengan Data Science dan Analisis Big Data di dalam mendukung kegiatan bisnis, dan selanjutnya pembicara terakhir adalah  Bapak Dr. Deddy Bernabas Lasfeto, ST., MT. yang memaparkan materi yang membahas tentang Kebijakan Publik berbasis Data-Driven Predictive Modelling. Di akhir sesi diadakan diskusi dan tanya jawab dengan para peserta seminar, banyak peserta mengajukan berbagai pertanyaan terkait dengan data science kepada narasumber dan dijawab dengan jelas oleh narasumber.

Pada kegiatan Seminar Nasional Data Science ini juga menyelenggarakan sesi presentasi bagi peserta Call for Paper. Terdapat 16 judul artikel yang dipresentasikan dan berkaitan dengan data science dan lingkup data mining, machine learning, deep learning, big data, artificial intelligence, statistik, sistem informasi, sistem pakar, dan kajian data science lainnya yang terkait dengan kebijakan sosial, bisnis, dan ekonomi masyarakat. 16 artikel tersebut akan diseleksi dan dipublikasikan ke beberapa jurnal nasional baik yang sudah terindeks SINTA maupun belum terindeks dan prosiding internasional.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment